Benih Perkebunan

Ciinten Lada Unggul Asal Sukabumi

http://img2.bisnis.com/bandung/posts/2015/10/26/543984/lada-fox.jpg

Sesungguhnya nilai biji lada tidak semata-mata diukur dari kuantitasnya. Dalam perdagangan pada akhir nilai akhir dari komoditas lada terletak pada kandungan kimianya antara lain minyak atsiri, oleoresin dan piperin.

Nah, kabar baiknya saat ini telah tersedia benih lada yang tidak hanya memiliki produksi tinggi namun juuga memiliki mutu hasil yang luar biasa. Adapun jenis yang dimaksud adalah klon  Ciinten asal Sukabumi.

Lada ini memiliki keunggulan yakni produktivitas tinggi. Potensi produksi buah sehgar mencapai 5,70 kg perk pohon. Dengan potensi lada putih mencapai 2 ton/pohon dan lada hitam mencapai 3 ton/pohon. Warna buah muda berwarna hijau dan sementara setelah masak berubah menjadi oranye. Dengan waktu pematangan sekitar 10 bulan.

Kelebihan lainnya lada Ciinten memilliki aroma yang kuat. Dengan kadar minyak atsiri mencapai 3 %,  oleoresin 15 % dan poperin 4,5 persen. Sementara terkait ketahanan penyakit, lada Ciinten memiliki ketahanan moderat terhadap penyakit busuk pangkal batang.

Lada special ini dapat diperoleh dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat yang menjadi pemilik varietas bersama dengan Pemerintah Daerah Sukabumi.