Benih Perkebunan

Akhirnya Toraja Punya Varietas Unggul Kopi Arabika, Toraya

 

Selama Toraja identik dengan penggunaan varietas unggul Lini S 795, dan selalu mendatangkan benih dari luar wilayah. Ternyata sentra kopi arabika ini memiliki kekayaan genetik.

Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan akhirnya memiliki varietas unggul dengan nama Toraya, yang menyebar di beberapa wilayah antara lain Desa Uluway Kec. Mengkendek, Desa Perindingan Kec. Gandangbatu Sillanang, Desa Rante Limbong Kec. Kurra dan Kelurahan Tosapan Kec. Makale Selatan.

Tampikan biji Kopi Toraya

Terdapat 3 varietas Toraya yakni Toraya Uluway, Toraya B Santung, Toraya Landa dan Toraya Bolong. Ketiga jenis unggul ini memiliki keunggulan antara lain produksi buah per pohon mencapai 2,6 sd 3,6 kg per pohon. Namun yang menarik adalah ketiga varietas ini memiliki cita rasa yang prima dengan score cupping mencapai 87,38.

Kabar baiknya Kopi Toraya ini telah dinyatakan layak sebagai varietas unggul pada Sidang Pelepasan Varietas bulan April 2021, dan layak disebarluaskan setelah kebun sumber benihnya ditetapkan Kementerian Pertanian. Sementara potensi penyediaan benih saat ini sekitar 10.000 biji dan akan meningkat hingga 100.000 pada tahun 2026.