Benih Perkebunan

Aren Smulen, Manis, Sehat dan Ramah Lingkungan

 

Tidak banyak yang mengetahui jika Bengkulu memiliki potensi aren yang unik. Tanaman jenis ini sangat baik untuk lingkungan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Tepatnya di Desa Tanjung Sanai 2, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong. Apa saja keunggulannya?

Berdasarkan deskripsi pelepasan varietas, aren Smulen memiliki banyak keunggulan diantaranya, produksi nira yang tinggi hingga 15,4 liter permayang setiap hari, memiliki kadar gula tinggi, masa sedap yang panjang > 2,5 bulan tiap mayang, batang tidak terlalu tinggi, aren lebih cepat berproduksi yaitu sekitar 7 tahun, potensi produk dan produk benih perpohon tingi, dan tentunya sangat baik untuk kesehatan karena indeks glikemixnya rendah.

Aren Smulen memiliki nira relative lebih banyak, antara 15-30 liter. Bahkan PIT aren ini 40 liter perhari. Belum lagi kandungan dari nira maupun gula aren sendiri memiliki berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Untuk manfaat terhadap lingkungan, selain sebagai tanaman perkebunan aren juga cocok untuk konservasi Karena memiliki akar serabut yang bisa mencapai 5-10 meter. Aren Smulen juga melalui proses organik tanpa tambahan apapun.

Menurut Heru luas kebun sumber benih aren mencapai 4 ha dengan PIT 103 batang, sedangkan potensi ketersediaan bibit arennya sebanyak 1 juta batang. Untuk potensi produksi gula aren Smulen bisa mencapai 300 ton perbulannya.