Benih Perkebunan

Penetapan Kebun Induk Kopi

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTnWvekKH1DtNOACUwBC6eZaXPIRMQ97SMnU1uKD0ijsn_DUpQ8

Jika ingin memproduksi biji kopi, maka kebun sumber benih yang Anda miliki wajib ditetapkan oleh pemerintah. Agar dapat dievaluasi maka Anda perlu membuat surat permohonan ke Direktorat Jenderal Perkebunan.

Adapun kriteria kebun yang layak ditetapkan adalah terisolir dari pertanaman yang berbeda varietas. Drainase tanah baik dengan kemiringan kurang dari 20 %  dengan luas minimal 1 ha. Sementara untuk ketinggian > 900 dpl untuk arabika dan ketinggian < 700 dpl untuk robusta.

Populasi per ha 1.400 sd 2.000 untuk arabika dengan mono varietas sementara robusta 1.600 pohon per ha dengan pola varietas proligitim biklonal, 2 klon yang ditata berselang seling dengan kemurnian varietas 100 %.

Sementara pada saat pemeriksaan Anda wajib menyiapkan dokumen 1)Surat permohonan penetapan. 2 ) Izin usaha produksi benih, 3) Dokumen asal usul benih, 4) Dokumen hak atas tanah, 5) SDM yang dimiliki, 6) Dokumen kegiatan pemeliharaan kebun dan 7) Peta/design kebun dan peta pertanahan.

Jika oleh petugas yang terdiri dari komponen Direktorat Jenderal Perkebunan, pemulia dan Dinas yang Menangani Perkebunan di Provinsi, menilai kebun Anda layak maka akan ditindalanjuti dengan penerbitan SK Penetapan Kebun Sumber Benih oleh Kementerian Pertanian.