Benih Perkebunan

Benarkah Indonesia Sebagai Negara dengan Produsen Benih Sawit Terbesar di Dunia?

Benih Sawit – PT Perkebunan Nusantara IV

Indonesia saat ini disebut-sebut sebagai negara dengan produsen benih sawit terbesar di dunia. dalam 4 tahun terakhir yaitu 2016 hingga 2020 disebutkan bahwa jumlah benih sawit yang berhasil di produksi sekitar 1,5 miliar benih.

Dalam kegiatan Wawancara Gamal Remaja Indonesia yang bertajuk “Indonesia Penghasil Benih Sawit Terbesar di Dunia” (4/11/2021). Suroso Rahutomo mengatakan bahwa, Indonesia sebagai penghasil benih sawit terbesar ini sejalan dengan posisi Indonesia sendiri dimana Indonesia juga merupakan penghasil minyak terbesar di dunia, selain itu kebutuhan benih sawit digunakan untuk replanting dan lainnya.

Hingga saat ini banyak produsen resmi yang sudah melakukan ekspor dalam jumlah yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa memang minat negara luar akan varietas benih sawit Indonesia cukup besar.

Sementara diketahui bahwa produksi nasional benih sawit tahun 2021 di semester 1 yaitu 50 juta benih, dan mungkin akan meningkat mengingat biasanya di semester 2 produksi cenderung lebih meningkat.

Timbul pertanyaan bahwa, apakah kita harus menggunakan benih unggul sawit dari produsen resmi?

“benar, petani harus menggunakan benih dari produsen resmi, benih apapun itu. Ada jargon yang mengatakan benih itu 5 : 50, artinya adalah investasi yang kita keluarkan untuk benih ini hanya sebesar 5% dari total investasi awal, tetapi nantinya akan mengembangkan tingkat produktivitas hingga 50 %”, ujar Suroso Rahutomo.

Suroso Rahutomo juga mengungkapkan bahwa pemasaran benih unggul sebenarnya sangat urgen. Sebagian dari kita masih menanam benih yang bukan dari produsen resmi sehingga produksinya juga masih rendah. Jika benih unggul dr produsen resmi sudah dijamin mutunya, jelas genetik maupun morfologinya. (TW)