Benih Perkebunan

Penangkar Resmi Jambi Sedia D x P Simalungun, Produksi Tinggi & Bobot Mengagumkan

 

 

Kabar baik buat petani kelapa sawit Provinsi Jambi. Pasalnya saat ini tersedia bibit asal Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan di salah satu provinsi sentra kelapa sawit tersebut.

CV. Risana Jaya Lestari, salah satu penangkar yang telah berpengalaman menyediakan bibit di pulau Sumatra telah menangkarkan bibit sebanyak 175.000 batang di Desa Sei Gelam, Kecamatan Sei Gelam, Kabupaten Muaro, Jambi.  Varietas yang dibibitkan adalah jenis D x P Simalungun yang merupakan salah satu terbaik asal PPKS.

Gambar. Kondisi bibit yang cukup sehat dan terawat baik meskipun umur belum siap salur

Bagaimana tidak, produksi sawit unggul ini mencapai 35 Ton/ha/tahun. Termasuk salah satu jenis yang memiliki bobot buah terbaik untuk varietas asal PPKS Medan, serta kurang dari 2 tahun sudah berbuah. Selain itu varietas ini tahan kekeringan, sehingga tidak heran ini D x P Simalungun sudah menembus pasar Afrika karena karakteristik keunggulannya.

Dengan pembibitan modern, saat ini perusahaan milik Masrizal terebut, telah siap menyalurkan bibit siap salur dengan umur 9 – 11 bulan. Bahan tanam tersebut siap disertifikasi oleh Balai Balai Provinsi Jambi jika akan disalurkan. Bibit ini dapat diakses oleh koperasi peserta PSR, perusahaan, pasar bebas maupun untuk program pemerintah.

Jadi petani kelapa sawit di Provinsi tidak perlu lagi memesan bibit handal asal PPKS jauh-jauh ke Medan. Pasalnya saat ini sudah tersedia bibit dengan kondisi prima di Kabupaten Muaro, Jambi.