Benih Perkebunan

CV Shorea Mahakam, Penangkar Perkebunan Dua Dekade Asal Kalimantan Timur

 

Bibit unggul berkualitas tak luput dari pengalaman lapangan. Di Kalimantan Timur, Mulyadi dari CV Shorea Mahakam, sudah menjalani dunia penangkaran sejak tahun 2007 dan telah menangkar berbagai bibit.

CV Shorea Mahakam punya beberapa lokasi beberapa kabupaten di Kalimantan Timur seperti Kutai Timur dan Berau. Bibit yang ditangkarkan antara lain bibit kopi, kakao dan kelapa sawit.

Untuk bibit kelapa sawit sendiri kapasitas yang tersedia kelapa sawit dalam satu tahun mencapai 400 ribu. Bibit-bibit ini disalurkan sebagian besar untuk kebutuhan pemeritah dan juga kelapa sawit disupply untuk kebutuhan perusahaan dan masyarakat.

"Kami mengikuti kebutuhan pasar dan diusahakan bibit sesuai dengan kebutuhannya, sehingga tidak ada bibit yang expired," ujar Mulyadi (18/7).

Pada 2021, Mulyadi mengungkapkan, target produksi dan siap salur tak sebaik tahun sebelumnya. "Pada tahun ini, bibit yangbiasanya difokuskan untuk pemerintah tahun ini berkurang yaitu 80 persen untuk PSR dan 20 persen untuk swadaya," jelasnya

Mulyadi berharap pemerintah lebih meningkatkan pengawasan terhadap benih yang disalurkan sehingga petani mendapat benih yang layak dan kepastian program agar benih yang ditangkar tak sia-sia.

"Untuk anggaran pemerintah baik di APBN atau APBD adalah kepastian program, sehingga para penangkar yang sudah menangkarkan bibitnya tidak menjadi korban bibit yang ditangkarnya expired," sambungnya. (AD)