Benih Perkebunan

Adi Paimanais, Penangkar Asal Kaltim, Penyedia Bibit Sawit Selama 18 Tahun    

 

 Adi Paimanais merupakan pengelola budidaya kelapa sawit dan juga penangkar dari CV Tenera yang berlokasi di daerah Kalimantan Timur, Kabupaten Penajan, Paser Utara.  Dengan menangkarkan bahan tanam unggul dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan, penangkarannya sudah beroperasi sejak 2003. Saat ini di atas lahan pembibitan seluas 10 ha ia tidak hanya menyiapkan bibit juga melakukan edukasi untuk masyarakat sekitar.

Di awali dari booming pengembangan kelapa sawit 18 tahun yang lalu sehingga ia berpikir untuk memulai usaha. “Masyarakat sekitar yang tadinya hanya jualan sate dan martabak,  mulai banyak yang ingin menanam bibit sawit”, kenang Adi Paimanais.  

Saat petani menyambangi pembibitannya ia jadikan momen untuk melakukan edukasi. Ia bahkan memberikan tantangan kepada pekebun yang ragu menggunakan bibit bermutu dari penangkarannya, yakni garansi sampai masa panen.

"Kami mengutamakan kebutuhan masyarakat yang setiap saat dan setiap waktu," ujar Adi founder dari CV Tenera.

Saat ini masih menangkar 100 ribu batang, sebelum adanya program PSR, Adi mengaku sudah menjadi mitra perusahaan sekelas PT Minamas dan menyalurkan hingga ke Kalimantan Selatan.

"Saat ini saya sudah menangkar hampir 500 ribu batang dengan varietas andalan Simalungun, Langkat, Yangambi, Dampi, D x P 540 dan D x P 239. Di daerah sini varietas PPKS cukup familiar," jelas Adi

Adi mengharapkan pemerintah memberikan perhatian serius terhadap mutu bibit yang beredar di masyarakat. Ia harapkan seluruh bibit yang beredar di masyarakat harus bersertifikat dan berlabel.