Benih Perkebunan

Kualitas Terjamin Penangkaran Sawit Terbesar di Provinsi Lampung

Sawit varietas DXP SJ (SRIWIJAYA) SJ 1,SJ 2,SJ3,SJ4,SJ5,SJ6 VS J5 tersedia di Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangun Rejo, Kabupaten Lampung Tengah. Selain di Kampung Tanjung Jaya. Ujang Mahmud, Direktur CV Hikmah Tani menyebutkan masih ada lokasi penangkaran juga terdapat di tujuh tempat berbeda di Lampung dengan kualitas yang tak diragukan lagi.

"Kalau lokasi ini sawit berusia lebih dari satu tahun, di lokasi kedua nanti ada lokasi pembibitan pre-nursery dan di lokasi ketiga ada (sawit) yang berusia 6-7 bulan," tutur Ujang, 

Ujang yang juga produsen benih perkebunan dari Lampung sebelumnya telah mendirikan CV Hikmah Tani berdiri dari 2008. Namun, bukan terfokus pada sawit, Ujang menjelaskan awal perusahaannya menangkar komoditi lain seperti kakao, dan lada.

"Kemudian mulai 2018 kegiatan peremajaan tanaman sawit (PSR), dan saat ini bibit siap salur berada di angka sekitar 40 ribu batang," jelas ujang.

Pengalaman Ujang di perkebunan menjadi bekal untuk membudidayakan bibit sawit siap salur yang berkualitas. Selain pengalaman, Ujang juga terus mendapatkan binaan baik dari dinas atau sumber benih.

 "Ada binaan dari dinas, sumber benih, yang selalu mengevaluasi dan melakukan kontrol sehingga bibit-bibit tetap berkualitas,. Selain itu kita juga ada ketentuan yang harus diikuti dengan baik, seperti jarak tanam satu ke tanaman yang lain baiknya 70 cm sehingga bibit satu sama lain tidak mempengaruhi dan mengganggu perkembangan," tuturnya.

Untuk penyiraman sendiri Ujang masih menggunakan cara manual dan memperdayakan karyawan tetap yang sudah disiapkan untuk pemeliharaan dan pengelolaan bibit sawit. Perawatannya juga selalu dilakukan secara berkala dengan pupuk-pupuk dan engendalian hama juga tetap mengikuti SOP yang berlaku.

Ujang juga menyinggung mengenai teknis mengenai pengelolaan, pemeliharaan hingga penanggulangan hama dan penyakit sampai ke bibit siap salur bersertifikat perlu diperhatikan modal yang disiapkan.

Penyaluran bibit sawit siap salur bersertifikat CV Hikmah Tani tak hanya disalurkan melalui program tapi juga dapat disalurkan secara mandiri dan sangat terbuka untuk kemitraan. (AD)