Benih Perkebunan

KUD Tani Subur Kembangkan Unit Usaha Pembibitan Sawit

Tidak semua koperasi petani kelapa sawit mampu mengembangkan usaha lebih dari 3 unit. Namun KUD yang berlokasi di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, ini sukses mengembangkan sejumlah lini bisnis yang salah satunya pembibitan kelapa sawit.

Sutiyana, Ketua KUD Tani Subur, menyebutkan jika koperasi yang ia pimpin telah mengembangkan sejumlah unit usaha seperti peternakan perikanan, toserba, integrasi sapi sawit, simpan pinjam, tranportasi dan agrowisata edukasi. Lalu sejak Agustus 2020 dirintis usaha pembibitan.  

“Kami sudah menangkarkan varietas TN 1 asal PT Bakti Tani Nusantara sebanyak 21.000 batang sejak tahun lalu, dan varietas Semiklon Sriwijaya 5 sebanyak 40.000 batang bulan Januari  ini. Diharapkan pembibitan ini mampu memenuhi kebutuhan anggota koperasi untuk kegiatan peremajaan”, jelas Sutiyana.

Selain itu dengan menyelenggarakan pembibitan sendiri bisa lebih terjamin mutu bibit yang nanti akan diserahkan kepada masyarakat. Disamping itu kegiatan ini mampu menyerap tenaga kerja di sekitar pembibitan yang berlokasi di Desa Pangkalan Dewa, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Sutiyana juga menjelaskan jika pengembangkan pembibitan ini melibatkan tenaga profesional.  Dan dipastikan seluruh bibit yang disalurkan akan disertifikasi oleh Balai Sertifikasi Provinsi.