Benih Perkebunan

Penyedia Bibit Sawit Unggul Jutaan Batang Asal Dhamasraya

 

Tidak banyak penangkar bibit kelapa sawit yang mampu konsisten berbisnis lebih dari satu dekade. Namun penyedia bibit kelapa sawit asal Sumatera Barat ini mampu bertahan dengan berbagai kondisi naik turunnya pasar benih kelapa sawit.

CV. Sawindo Agam Mandiri yang memiliki 3 lokasi pembibtan yakni di Sitiung, Lintas Sumatera Jr. Bukit berbunga serta Kurnia koto salak, 500 M dari Simpang Blok A, telah menangkarkan bibit asal kelapa Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan sejak tahun 2008.  Saat ini tersedia bahan tanaman unggul jenis Varietas D x P PPKS 540, D X P PPKS 239, D x P Yangambi, sebanyak 191.500 batang.

Gambar. Peninjauan Pembibitan Kelapa Sawit oleh Dinas Perkebunan Provinsi Sumbar

Menurut Dharu, salah satu direktur, yang merupakan generasi kedua dari usaha pembibitan ini, bibit dari penangkarannya sudah dipesan oleh koperasi peserta peremajaan Sawit Rakyat. Sehingga setelah umur di atas 10 bibit segera disalurkan.

Menariknya sepanjang lebih dari 10 tahun CV. Sawindo Agam Mandiri sudah menangkar lebih dari 1.200.000 batang. “Pembelinya tidak hanya petani di daerah Dhamasraya namun juga sampai ke Kabupaten Bungo Jambi dan Kuantan Singingi, Riau”, ungkap Dharu.

Kepercayaan dari petani tidak lepas dari komitmen penangkaran asal Dhamaraya ini untuk menjaga kualitas dengan mengikuti kaidah pembibitan yang baik. Dalam beberapa tahun ke depan CV. Sawindo Agam Mandiri masih terfokus pada penyediaan bibit untuk Peremajaan Sawit Rakyat mengingat kebutuhannya yang sangat besar.