Benih Perkebunan

Ini dia Penangkar Vanili Terbesar di Indonesia

Selain dikenal sebagai pengolah vanili basah menjadi kering, ternyata Amelius Manopo terkenal adalah penyedia bibit terbesar di Indonesia. Setidaknya 100 ribu bibit vanili dihasilkan setiap hari.

Melalui perusahaannya UD Lo’or penangkar asal Minahasa Tenggara ini mampu menyediak setek hingga  1 juta, sementara untuk bibit mencapai 200 ribu. Sekaligus menjadikanya sebagai penyedia benih vanili terbesar di Indonesia.

Kondisi tersebut tidak lepas dari konsistensi Ame (biasa dipanggil) mengembangkan vanili selama 30 tahun. Adapun   lokasi pembibitanya berada di Desa Tombatu 2, Kecamatan Tombatu Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara yang juga kawasan pengembangan vanili organik di Sulawesi Utara.

“Saya tidak hanya menjual bibit namun juga membantu pengembangan vanili di wilayah saya. Ketika ada petani yang menggunakan bahan tanam saya juga akan saya jadikan petani binaan, mengingat kami membutuhkan supply buah basah untuk dijadikan vanili  kering”, jelasnya.

Seluruh benih yang Ame pasarkan bersertifikat dan mendapatkan pengawasan dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulut. Bibit dari penangkarannya beredar hingga ke berbagai wilayah di Indonesia.