Benih Perkebunan

Ini dia Penangkar Perkebunan 1 Juta Batang Asal Mamuju

Banyak anggapan bahwa Sulawesi Barat minim keberadaan penangkar besar. Sehingga penyediaan bibit untuk berbagai kegiatan di Provinsi ini selalu bergantung pada penangkar dari Sulawesi Selatan atau Sulawesi Tenggara.

Ternyata terdapat perusahaan penangkaran yang sanggup menangkar dalam jumlah besar, yakni PT. Trifa Amanah Lestari.  Saat ini perusahaan yang berlokasi Dusun Salu Take, Desa Buttu Ada', Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat tengah menangkar bibit kopi arabika sebanyak 1 juta batang jenis Lini S 795 dan kelapa dalam unggul lokal sebanyak 100 batang. Bibit ini siap disalurkan untuk mendukung program pemerintah.

Gambar. Bibit kelapa dalam unggul lokal di dalam polibeg

Yehuda, pendiri PT Trifa Amanah Lestari, menyebutkan untuk pengadaan bibit kopi kegiatan penangkarannnya mendapatkan supervisi secara langsung dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember. Sehingga bibit yang dihasilkan benar-benar memiliki mutu yang prima. Sementara varietas lini S 795 dipilih karena merupakan jenis yang memiliki produksi tinggi, cita rasa olahan yang baik serta lebih tahan terhadap hawar daun daripada varietas lain. Di sisi lain petani kopi di Sulawesi Barat sangat menyukai varietas ini.

“Kami telah beroperasi sejak 2 tahun dengan fokus mendukung pemerintah daerah dalam penyediaan bibit bagi masyarakat melalui APBD. Diharapkan tahun ini kami juga bisa mendapatkan kepercayaan untuk mendukung kegiatan pemerintah. Saya pastikan seluruh bibit yang akan disalurkan, dipelihara mengikuti SOP sesuai kaidah teknis dan wajib bersertifikat berlabel”, jelasnya.

Keberadaan penangkaran yang beroperasi di Mamuju ini ternyata turut berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja lokal di daerah pedesaan mengingat usaha ini padat karya. Selain itu juga turut memberikan manfaat terhadap usaha pendukung di wilayah Sulbar seperti logistik bibit, maupun distributor sarana pertanian.