Benih Perkebunan

Pembibitan Modern dengan Teknologi Terkini

 

Dengan penerapan teknologi baru maka pembibitan modern dapat dikelola secara efisien. Kabar baiknya saat ini tersedia sejumlah inovasi yang layak dimanfaatkan untuk pengembangan nursery generasi ketiga.

Menurut Sani Warsita, pakar teknologi dari CV. Arzyla Hijau Lestari saat ini tersedia sistem Smart Green House Nursery berbasis teknologi Internet of Things (IoT), dan Human Machines Masterface (HMI) yang akan membantu para petani dan penangkar untuk memperoleh bibit unggulan yang berkualitas.

“Internet of Things (IoT) ialah suatu konsep untuk mentransfer data lewat jaringan internet. Sedangkan Human Machines Masterface (HMI) berfungsi sebagai alat interaksi antara manusia dengan mesin. Dengan adanya penggabungan teknologi ini tentu mempermudah para petani dan penangkar dalam proses nursery. Penggunaan sistem ini pun sudah kami terapkan di Ciwidey”, jelas Sani.

Gambar. Nusery modern dengan lingkungan terkontrol

Sistem smart green house nursery yang tim Arzyla Hijau Lestari  kembangkan memungkinkan produksi benih berlangsung dalam system terkendali secara online.. Pemupukan dan penyiraman dilakukan secara teratur dan efisien menggunakan springkel yang pengendaliannya bisa dilakukan secara jarak jauh. Pengaturannya memanfaatkan jaringan internet sehingga dapat dijangkau dari mana saja.

Sementara kondisi di dalam nurseri dapat dipantau secara real  dengan memanfaatkan system IoT.  Lingkungan nursery akan terpantau dengan alat sensor yang terhubung dengan jaringan sistem dan kemudian dapat menyajikan informasi melalui android atau smart phone. Sehingga pemilik pembibitan mengetahui kondiri terkini kebun nurserynya. Dari mulai informasi keadaan kebun seperti suhu humidity, ph cadangan air semua bisa terkontrol dan dapat dipantau dari jarak jauh.

“Pengembangan  smart green house nursery pada perkebunan ini akan sangat mempermudah penangkar agar bisa melakukan pembibitan secara terkendali. Sementara terkait budget produsen benih dapat mengembangkan nursery sistem ini sesuai dengan budget yang dimilikinya”, jelas Sani.

Sementara CV Arzyla Hijau Lestari  telah berpengalaman mengembangkan green house modern dengan system hidroponik dan terkendali. Terkait nusery modern Sani dan tim pernah mengembangkan pembibitan terkontrol untuk pre nursery kelapa sawit untuk sebuah perusahaan ternama. Sementara untuk nusery modern berbasis kakao tengah dikembangkan di Sulawesi Selatan.