Benih Perkebunan

Penangkar 1 Juta Batang Lada, Mantan Wakil Rakyat

 

Ternyata daya tarik pembibitan bahkan bisa menjadikan seorang mantan anggota Legislatif kembali ke kebun. Setidaknya ini yang terjadi pada penangkar asal Kalbar

H. Suhairi merupakan salah seorang penangkar benih sukses dari provinsi Kalimantan Barat. Mantan pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat konon pernah menjadi Anggota Dewan Fraksi GERINDRA tahun 2014 sampai dengan 2019. Namun setelah tidak lagi bertugas ia memilik kembali menjadi penangkar bibit perkebunan yang telah ia tekuni sejak tahun 2000.

Gambar. H. Suhairi mengenakan batik berwarna merah

Pemilik CV. Karya Utama yang memiliki pembibitan di Kab. Sangga, Kalimantan Barat  menyebutkan jika tahun ini akan menyiapkan bibit hingga 1 juta batang untuk kebutuhan 2020 dan  bibit kelapa sawit hingga 300 ribu untuk program peremajaan sawit rakyat.

Untuk memastikan mutu bibit yang dihasilkan, ia pun mempekerjakan banyak karyawan yang melakukan tugasnya berdasarkan system manajemen tugas sesuai dengan keahlian yang dimiliki, mulai dari penyiapan media di bidang pembibitan dan pemeliharaan. Untuk evaluasi dan pengawasan mutu benih, Suhairi menerapkan pelaporan yang rutin dan melakukan evaluasi bersama. Komitmen penangkar senior ini akan mutu menjadi kunci suksesnya berbisnis pembibitan hingga saat ini.

Saat ini Suheri berencana mencoba memproduksi kopi robusta di daerahnya. Ia targetkan menangkarkan hingga 50 ribu batang untuk keperluan pengembangan tahun 2020 (Fisslimi).