Benih Perkebunan

CV Bukit Bulaeng Penyedia Benih Kelapa dan Mante Unggul asal Sumbawa, NTB

Ingin mendapatkan kelapa unggul jenis Mastutin asal Nusa Tenggara Barat dan unggul lokal mente, maka penangkar ini siap menyediakan benih unggul tersebut.

CV Bukit Bulaeng merupakan salah satu penangkar andalan di Nusa Tenggara Barat. Produsen benih benih resmi ini memproduksi benih kelapa dalam varietas Mastutin yang merupakan benih bina dan benih mente lokal yang memiliki produksi yang tinggi.

Penangkaran milik Malki Sediq ini memproduksi benih dalam bentuk kelapa gelondongan. Sementara untuk benih mente dalam bentuk biji dan bibit. Untuk bibit  kelapa CV Bukit Bulaeng mampu menyiapkan bibit kelapa hingga 100 ribu batang. Sementara produksi biji mente per tahun mencapai 1500 kg dengan ketersediaan bibit 100 ribu batang setiap tahunnya.

Malki Sediq menjelaskan, ia terjun ke bisnis perbenihan sejak tahun 2010. Berawal karena hobi karena adanya keinginan membantu petani meningkatkan produksi dan mutu hasil melalui penggunaan benih bermutu, sehingga akhirnya bisa menikmati peningkatan nilai  jual dari hasil kebunnya.

Baginya menyediakan benih bagi masyarakat tidak sekedar urus bisnis. Setiap benih yang disebarkan mengandung  sejuta harapan. Ketika benih berproduksi maka nilai pahala yang bisa ia peroleh sebagai penyedia benih akan luar biasa.

“ Ketika burung bisa menikmati hasil tanam asal dari benih yang kita hasilkan, kita sudah dapatkan pahalan. Apalagi jika bermanfaat bagi sesama manusia”, jelasnya.

Produsen benih yang memiliki pembibitan di Perum Bukit Permai, Blok S No. 11, Kelurahan Seketeng, Kabupaten Sumba, Nusa  Tenggara Barat, siap menyediakan benih untuk kegiatan pemerintah maupun untuk kebutuhan masyarakat secara swadaya. Seluruh benih yang diedarkan bersertifikat dari Balai Sertifikasi Benih. Benih yang CV Bukit Bulaeng produksi tidak tersebar di wilayah NTB namun juga di Provinsi tetangga.