Benih Perkebunan

Melirik Profil Produsen Benih Perkebunan

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Perkebunan, jumlah produsen benih perkebunan se Indonesia tercatat sebanyak 951, dengan mayoritas merupakan penangkar benih tanaman perkebunan.

Pada tahun 2019 ini bibit yang ada di penangkar mencapai 65 juta batang untuk 8 komoditas unggul yakni kelapa, karet, kopi, kakao, lada, pala, cengkeh dan kelapa sawit. Namun menurut Ketua Perkumpulan Penangkar Benih Tanaman Perkebunan Indonesia (PPBTPI), Badaruddin Puang Sabang, potensi penyediaan bibit bisa melampaui angka itu mengingat penangkar melakukan penyediaan benih sesuai dengan kebutuhan.  Ia juga mengaku belum semua bibit yang ada dipenangkar terserap oleh pasar.

“Saat ini kami melalui PPBTPI  mendorong akselerasi penerapan standarisasi benih mengacu pada SNI. Sehingga benih yang dihasilkan oleh setiap penangkar anggota PPBTPI di berbagai provinsi memiliki kualitas yang standar dan berkualitas. Hal ini diwujudkan melalui standarisasi pengembangan nursey dan sistem produksi benih melalui SOP yang tengah disusun oleh pengurus PPBTPI yang nanti menjadi acuan semua anggota”, jelas Badaruddin.