Benih Perkebunan

Akhmad Taufik: Penangkar Lada Jutaan Batang Asal Provinsi Babel

 

Berawal dari kejeliannya melihat pasar, penangkar ini sukses menjadi salah satu penyedia benih lada di Provinsi Bangka Belitung. Dengan mengandalkan 2 lokasi pembibitan ia mampu memproduksi jutaan bibit setiap tahunnya.

Akhmad Taufik terjun di bisnis penangkar lada sejak tahun 2015. Usahanya tersebut terus berkembang hingga saat ini dengan kapasitas hingga 1,5 juta bibit. Ia memiliki 2 lokasi pembibitan yakni di Kelurahan Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah dan lokasi lainnya di  Desa Pembaharuan Kecamatan Kelapa  Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Adapun varietas yang ia tangkarkan Petaling 1 dan Nyelungkup yang memiliki produksi yang cukup tinggi  dan disukai masyarakat.

 

Gambar. Pembibitan lada jutaan batang milik Akhmad Taufik

“Alasan saya terjun ke bisnis ini karena saya melihat peluang pasar yang menjanjikan. Selagi ada petani lada, pasti mereka butuh bibit yang bagus. Petani sekarang menjadikan benih prioritas. Mereka nggak sayang keluar uang asal benih itu bagus dan berkualitas”, jelas Akhmad.

Selain itu ia mengakui mengapa memilih bisnis pembibitan karena ia suka melihat tanaman yang hijau dan subur. Ternyata pilihannya ternyata tepat. Saat ini ia menjadi salah satu penangkar unggulan di Provinsi Bangka Belitung yang merupakan salah satu sentra lada di Indonesia.

Konsistensinya menghasilkan bibit yang bermutu dalam jumlah besar membuat bibitnya selalu terserap. Pada tahun 2019 ia juga dipercaya sebagai salah satu penyedia benih untuk program pengembangan lada melalui APBN.