Benih Perkebunan

Dapatkan Bibit Kakao Unggul di Lampung

Jika bibit kakao dengan  klon Sulawesi 1, Sulawesi 2, MCC 01 dan MCC 02 hanya bisa didapatkan di Sulawesi. Ternyata kini bibit “super” tersebut bisa diperoleh di Lampung.

Salah satu penyedian bibit unggul kakao di Lampung adalah Koperasi  Kakao Sinar Jaya. Dengan lokasi pembibitan di Waringin Sari Timur, Kecamatan  Adiluih, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Menurut Endriyanto, pimpinan penangkaran, usaha pembibitan ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 dengan menghasilkan bibit sambung puncuk menggunakan 4 klon asal Sulawesi yang memiliki potensi hasil di atas 2 ton/ha/tahun. Sementara terkait potensi penyediaan bibit diperkirakan bisa mencapai 53.000 batang.

Nah yang menarik, jika berkunjung ke pusat penangkaran miliki koperasi tersebut kita akan menemui pembibitan layaknya green house. Karena tidak lagi menggunakan bambu melainkan baja ringan.

Penangkaran ini siap mendukung penyediaan benih kakao baik untuk mendukung pemerintah atau swadaya masyarakat. Diharapkan melalui penyebaran benih bermutu Koperasi Kakao Sinar Jaya dapat berkontribusi pada perbaikan produktivitas dan mutu kakao di wilayah Lampung dan sekitarnya.