Benih Perkebunan

Suparno, Penangkar Karet Unggulan Sumsel

Jika penangkar karet sering dianggap senin kamis, tahun ini membibitkan namun tahun besok tidak. Maka hal tersebut tidak terjadi pada CV Mutiara Bonggol.  Perusahaan miliki Suparno tersebut menjadi salah satu penangkar karet andalan Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun lokasi CV. Mutiara Bonggol di Kelurahan  Air  Temam, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan,  Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Sementara kebun pembibitan terdapat di Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahmah, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan serta di  Desa Ketuan III dan Desa Pedang  Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Usaha ini sendiri berdiri sejak tahun 2008 dan eksis hingga saat ini. CV. Mutiara Bonggol berkomitmen untuk menghasilkan benih unggul dengan label biru. Sehingga jelas batang bawah dan batang atasnya

Selai itu CV. Mutiara Bonggol juga didukung oleh tenaga okulator. Tenaga okulator yang mendukung produksi bibit seluruhnya tenaga wanita dan berasal dari daerah sekitar Lubuk Linggau – Musi Rawas.  Jumlah tenaga okulator sebanyak 115 orang dan  3 tenaga pengawas. Tenaga tersebut dalam pelaksanaan okulasi dibantu oleh 6 orang tenaga pelayan/penyedia entres dan 4 orang tenaga pelayan/penyedia plastik.

Klon karet yang dikembangkan oleh CV. Bonggol antara lain klon PB 260, IR 118, IRR39, RRIC 100 dan GT 1.  Bibit okulasi hasil dari perusahaan miliki Suparno menyebar hingga ke Riau, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung.  Potensi penyediaan benih bisa mencapai 708.840 batang.

Adapun setiap kali akan diedarkan benih milik Suparno wajib disertifikasi oleh UPTD Pengawasan Benih Perkebunan di Sumatera Selatan. Sehingga konsumen bisa mendapatkan jaminan terhadap mutu benih yang ia pasarkan.