Benih Perkebunan

Program Peremajaan Sawit Rakyat Buahkan Optimisme

 

Setelah penyaluran replanting intensif sejak tahun 2017, petani mulai merasakan manfaat dari program Peremajan Sawit Rakyat.

Menurut Zamzani, ketua koperasi Mandiri Jaya Bausaree, Aceh Barat,   petani sangat bersyukur memperoleh bantuan ini. Cukup banyak manfaat yang mereka peroleh. Apalagi lagi saat ini tanaman sawit yang ditanam dari dana PSR sudah berbuah, karena menggunakan varietas unggul asal CV.Dharma Nusantara, penangkar resmi PPKS.

“Untuk tanaman yang ditanam tahun 2019 dengan luasan lebih kurang 800 ha sudah berbuah pasir” jelas Zamzani.

Ronald, pengurus KUD Sawit Jaya , kabupaten Kuantan Sengingi, Riau, menyampaikan hal senada. Petani sangat merasakan manfaat dari program ini. Mulai dari bibit yang terjamin. Perawatan kebun akan lebih baik karena dalam pelaksaannya didampingi dinas atau Lembaga  terkait program PSR ini.

“Kami mulai tanam sejak 12 April 2021. Kami menggunakan bibit dari penangkaran yang berasal dari Sungai Lilin,Sumatera Selatan, dengan jenis varietas D x P 540”, jelas Ronald.

Meskipun realisasi peremajaan sawit rakyat rapat tidak lebih dari 80 persen dari target 180 ribu ha per tahun, namun keberadaan program ini berkontribusi pada akses petani terhadap bibit dan sarana pertanian bermutu. Selain itu kegiatan ini melibatkan berbagai pihak untuk melakukan pendampingan dan pembinaan.