Benih Perkebunan

Guru Madrasah Ini Pilih Bibit MCC 02 dan Sulawesi 2 untuk Kebun Kakaonya

CV. Mitra Bibit: Bibit Coklat atau Kakao

Bibit kakao MCC 02 dan Sulawesi 2 menjadi pilihan petani kakao asal Luwu, Sulawesi Selatan, Abdul Hamka. Pria yang berprofesi sebagai guru madrasah ini menggunakan bibit unggul tersebut untuk dibudidayakan di kebun miliknya.

Hamka, demikian ia akrab disapa, menuturkan, ia mendapatkan ilmu pertanian dari orang tuanya yang memang sudah berkecimpung di dunia pertanian sejak lama.

"Secara turun-temurun keluarga memang bertani kakao, orang tua petani, sehingga saya melanjutkannya. Tentu dengan meng-upgrade ilmu pertanian yang diajarkan. Kalau dulu masih konvensional, sekarang sudah banyak teknologi dan kemajuan," jelas Hamka.

Bibit yang dipercaya oleh Hamka untuk saat ini adalah MCC 02 dan Sulawesi 2. Tidak diragukan lagi bibit bersertifikasi ini masing-masing memang unggul dalam ketahanan terhadap VSD dan memiliki sifat unggul genjah berbuah.

"Dalam perawatan kedua bibit ini hampir sama saja, yaitu ada pemupukan, penyiangan, dan pemangkasan. Bedanya untuk bibit Sulawesi 2 ini karena rentan kanker batang sehingga harus diberi pemupukan tambahan secara rutin," pungkasnya. (AA)