Benih Perkebunan

Mengenal Keunggulan DxP 540, Si Varietas Kelapa Sawit Fenomenal

Pemilihan bahan tanam dalam budidaya kelapa sawit merupakan hal yang penting dilakukan secara tepat dan cermat.

"Sebaik-baiknya kita memelihara keledai, keledai tetaplah menjadi keledai, tidak mungkin menjadi kuda", ujar Taufiq Caisar dalam sambutannya pada kegiatan Kunjungan Online yang bertajuk "PPKS Sahabat Pekebun Kunjungan Online - DxP 540, Buahnya Luar Biasa" (18/10/2021).

Perumpamaan tersebut dapat diartikan bahwa pemilihan bibit yang unggul merupakan suatu upaya inti dalam menentukan karakter produksinya mau seperti apa, sesuai dengan genetik yang dimilikinya.

D x P540 adalah salah satu varietas kelapa sawit yang fenomenal di kalangan pembudidayanya.

Varietas ini memiliki keunggulan yang sangat menarik, 17 bulan sudah kastrasi, kurang dari 2 tahun sudah panen dan di usia 3 tahun produksinya sudah melimpah.

Salah satu produsen yang menanam varietas DxP 540 yaitu Produsen Kelapa Sawit Tri Bakti Sentosa ( KPKS TBS) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. Dimana mulai menanam di akhir 2017 , dan saat ini produksinya sudah mulai melimpah.

 

Sumingsro sebagai narasumber dalam kegiatan ini mengatakan bahwa hasil yang didapat sudah sesuai SOP, panen lebih cepat dan saat ini panen melimpah dengan bobot rata-rata 7 kg/ tandan. (TW)