Benih Perkebunan

Varietas Parasi, Varietas Aren asli Banten yang jadi Primadona

Kabupaten Lebak dikenal sebagai penghasil gula aren terbesar di Provinsi Banten.     

Di sisi lain, benih tanaman aren (pohon nira) dari wilayah itu pun banyak diburu oleh kalangan pekebun dari berbagai daerah.

Varietas aren parasi yang merupakan varietas asli di daerah sentra produksi gula aren tersebut, menjadi primadona karena berbagai keunggulannya.         

Hal itu sebagaimana dikemukakan penangkar dari CV. Sari Aren Mandiri, Ahmad Sudjana dalam wawancara secara virtual dengan Gamal Institute, Jumat (1/10/2021). 

Ahmad menyebut, salah satu keunggulan aren varietas parasi ini adalah dari masa produksi yang tergolong sedang, tidak terlalu cepat tapi juga tidak terlalu lama.    

"Rendemen gulanya tinggi, yaitu lebih dari 13 persen sampai 16 persen, jadi bisa menghasilkan gula yang cukup banyak. Dari 6,5 liter nira bisa dapat 1 kilogram gula. Dari tekstur (gula yang dihasilkan) juga bagus," terang Ahmad.    

Selain itu, produk gula aren yang dihasilkan dari aren varietas parasi ini juga memiliki aroma yang khas yang tidak terdapat pada varietas lainnya. 

"Aroma khas ini yang banyak disukai orang. Karena itu walaupun harga gula aren Banten ini terbilang mahal, tapi tetap banyak dikejar orang," tandasnya.

Bila tertarik untuk membudidayakan aren varietas unggul ini, jangan ragu untuk membelinya dari CV. Sari Aren Mandiri.        

Ahmad menjamin benih aren yang ditangkarkan merupakan benih resmi atau bersertifikat.

Pihaknya menyediakan benih aren parasi dalam bentuk biji dan kecambah. Ketersediaan benih setiap tahun berkisar antara 40.000 sampai 50.000 bibit.

"Tapi kami juga melihat planning. Kalau memang pesanan banyak, kami lakukan pembibitan lebih banyak" tambahnya.        

Sejauh ini, CV. Sari Aren Mandiri telah melayani permintaan benih dari berbagai daerah di wilayah Sumatra, Sulawesi, dan Jawa, seperti Medan, Aceh, Jambi, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.       

"Untuk pasar lokal Banten juga banyak," tandasnya. (SR)