Benih Perkebunan

Ini Dia Tipe Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) merupakan tanaman palma yang memiliki prospek tinggi dalam dunia industri, baik industri pangan maupun non pangan. Tanaman perkebunan ini memiliki seribu manfaat dari seluruh bagiannya. Namun apa saja tipe dari tanaman kelapa?            

Terdapat tiga tipe kelapa, dimana masing-masing tipe memiliki karakteristik yang berbeda. Ketiga tipe kelapa tersebut yaitu kelapa dalam, kelapa genjah, dan kelapa hibrida.

Kelapa dalam memiliki batang yang tinggi dengan diameter besar dan jarak bekas daun panjang. Kelapa dalam menyerbuk secara silang dimana pembungaan pertamanya lebih lambat dengan ukuran boleh besar. Ukuran buahnya sedang hingga besar dengan kualitas kopra yang baik.  Kelapa ini dapat produktif hingga lebih dari 60 tahun.       

Kelapa genjah memiliki batang yang pendek dengan diameter kecil dan jarak bekas daun pendek. Kelapa genjah pola pembungaanya menyerbuk sendiri dimana pembungaan pertamanya lebih awal. Ukuran buahnya kecil dengan kualitas kopra kurang baik. Kelapa ini berumur produktif 25 tahun.    

Kelapa hibrida memiliki batang yang pendek dengan diameter sedang dan jarak bekas daun agak panjang. Kelapa hibrida pola pembungaanya menyerbuk silang dimana pembungaan pertamanya lebih awal dengan ukuran bole sedang. Ukuran buahnya sedang dengan kualitas kopra baik. Kelapa ini berumur produktif 40 tahun.   

Itu dia karateristik kelapa yang ada di Indonesia. Pilihan kelapa yang akan ditanam tentu saja sesuai kebutuhan. (TW)