Benih Perkebunan

Kembangkan Kebun Induk Kelapa Hibrida, Omzet Menggiurkan

Tree of life, begitulah sebutan untuk tanaman kelapa karena semua bagian dari tanaman kelapa ini dapat dimanfaatkan. Berbagai produk olahan dari kelapa dapat menjadi ladang industri yang tentunya dengan omset menggiurkan.

Dalam webinar yang bertajuk "Strategi Pengembangan Kebun Induk Kelapa Hibrida dengan Omset Miliaran", (14/09/2021) Prof. Dr. Hengky Novarianto, MS. Mengemukakan bahwa demand produk kelapa meningkat di beberapa negara, ini tentu menjadi peluang. Namun di Indonesia sendiri belum mampu memenuhi karena banyak pohon kelapa yang sudah tidak produktif.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Direktorat Jendral Perkebunan menyebutkan Indonesia memiliki luasan kelapa 3,4 Juta. Sekitar 98% dari luasan tersebut saat ini perlu dilakukan peremajaan.

Perkebunan Kelapa tidak sama dengan perkebunan Kelapa Sawit, 98% perkebunan yang ada merupakan merupakan Perkebunan rakyat yang tidak dipelihara. Sebelum sawit berkembang Pemerintah membuat proyek Kelapa secara besar-besaran baik itu kelapa dalam ataupun genjah yang diganti dengan kelapa hibrida. Namun, setelah berjalan 4-5 tahun pohon dibiarkan begitu saja.

Sekarang kelapa banyak diperhatikan karena sangat dibutuhkan untuk industri. Dengan menggunakan kelapa hibrida diharapkan mampu meningkatkan produksi dan meminimalisir biaya operasional pemanenan.

"Kalau mau mengembangkan Kelapa kita harus produksi sendiri dengan membangun kebun Induk kelapa hibrida" ujar Prof. Dr. Hengky Novarianto, MS.

Bibit kelapa hibrida sangat terbatas persediannya, dan informasi mengenai Kelapa hibrida masih sangat kurang. Ini menjadi tugas sekaligus peluang bagi pebisnis untuk mengajukan investasinya dalam pengembangan Kebun Induk kelapa hibrida. Dengan potensi per ha 7.000 butir dengan harga 40.000 per butir diperoleh penghasilan Rp. 280 juta. Sementara jika 5 ha bisa mendapatkan omzet sampai 1 Milyar Rupiah.

Kabar baiknya kebun induk hibrida sudah berproduksi setelah 5 tahun. Perawatannya juga tidak sesulit tanaman perkebunan lainnya seperti kakao.

Jadi pengembangan kebun sumber benih kelapa hibrida patut jadi sorotan bagi calon pengusaha perkebunan. (TW)