Benih Perkebunan

Pencegahan Hama Penyakit dengan Klon Unggul

Organisme Pengganggu Tanaman pada kakao menjadi musuh utama bagi para petani dan pengusaha pada tanaman penghasil cokelat ini. Layaknya budidaya pada umumnya. Selain melakukan pengendalian kita juga harus melakukan tindakan preventif agar tanaman kita tetap tumbuh sehat.

Salah satu tindakan pencegahan tersebut yaitu dengan menggunakan klon unggul, baik tahan terhadap serangan hama dan penyakit maupun tahan terhadap iklim yang ekstrem.

"Alhamdulillah, sudah ada klon ICCRI 09 yang tahan OPT dan iklim kering, aroma spesifik floral akan cocok untuk pengembangan fine cocoa" Jawab Bapak Agung Wahyu Susilo pada sebuah forum diskusi.

Demplot klon ICCRI 09 ini terdapat di Jawa Timur dan Lampung Timur, hasilnya sangat bagus juga adaptif dengan kondisi agroklimat yang ekstrem. Telah diuji di berbagai daerah, salah satunya adalah Luwu Timur yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Berdasarkan deskripsi dari SK pelepasan varietas disebutkan produktivitas per pohon ICCRI 09 bisa mencapai 2.746 kg/ha/tahun. Dengan bean counting 65,00. Hal yang menarik lainnya klon ini memiliki ketahanan terhadap VSD, busuk buah, sementara untuk penggerek buah kakao dan helopeltis moderat tahan.

Klon ini sudah resmi dirilis untuk menjawab keresahan petani kakao akan adanya hama penyakit serta kondisi alam yang ekstrem. (AA)