Benih Perkebunan

Jenis Aren Unik, Produksi 60 Liter Per Hari

 

Ternyata terdapat aren unik yang menjadi endemik di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Jenis yang sudah menjadi unggul nasional dikenal dengan nama  Aren Smulen-ST1.

Menurut Heru Ferdiansyah, salah satu produsen benih aren unggul ini, banyak pekebun yang mencari bibit aren ini karena produksinya luar biasa. Sehari bisa mencapai 60 liter. Tentu ini hasil yang cukup menggiurkan bagi penderes.

“Kelebihan lainnya produksi lebih cepat yakni 7±1 tahun. Dengan masa produksi sampai 13 tahun. Sementara tanaman ini kebanyakan di Bengkulu tumbuh secara alami dengan minim perawatan namun tetap memberikan hasil yang menarik”, ungkap Heru.

Saat ini tersedia bibit bersertifikat untuk aren jenis ini. Pasalnya sudah terdapat sejumlah pohon induk terpilih sebagai sumber biji untuk penangkaran di Desa Kampung Jeruk, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Sehingga masyarakat tidak sulit mencari bibit unggulnya.

 “Aren Smulen tidak hanya cocok ditanam sebagai penghasil nira namun juga sebagai tanaman konservasi. Pada lahan-lahan kritis masyarakat menanam tanaman ini untuk mencegah erosi yang sekaligus menjadi sumber pendapatan”, jelas produsen benih resmi tersebut.