Benih Perkebunan

Nurpakuan Agribun: Pala Unggul Asal Bogor

Ternyata Kota Bogor memiliki potensi  pala. Menteri Pertanian telah menetapkan Pala Bogor sebagai salah satu varietas unggul yang layak digunakan secara luas oleh masyarakat.

Nama pala unik itu adalah Nurpakuan Agribun yang menyebar pada sejumlah wilayah di Bogor. Konon pala ini sudah lama dikembangkan oleh masyarakat dan telah dimanfaatkan untuk  sebagai olahan makanan terutama daging buahnya dijadikan manisan atau dodol.

Gambar. Buah pala di pohon

Pala ini memiliki produksi per pohon yang cukup tinggi yakni 7.000 sampai dengan 9.000 buah.  Dengan bobot buah bisa mencapai 82 gram. Daging buah agak pedas dan memiliki aroma yang tajam.

Sementara biji pala Nurpakuan Agribun bentuknya bulat berwarna hitam kecokelatan dengan bobot mencapai 14 gram. Sementara untuk fuli berwarna merah dengan bobot basah bisa mencapai 2,2 gram.  

Hal yang menarik kandungan minyak atsiri tertinggi diperoleh dari biji buah yang masih muda yakni mencapai  14,5 persen. Sementara fuli untuk buah masak sedang sedang bisa mencapai 16,4 persen.  Kelebihan lainnya kandungan miristin dari biji muda hingga masak sedang bisa mencapai 14 persen sementara dari fuli masak sedang bisa mencapai 31,1 persen.

Selain layak dijadikan tanaman produksi, pohon pala ini dapat digunakan sebagai tanaman konservasi. Pasalnya perakatan tanaman ini yang cukup panjang dan batangnya bisa tumbuh hingga 20 meter serta membentuk kanopi.