Benih Perkebunan

D X P CALIX 600 Varietas Produksi Minyak Tinggi di Lahan Kelas 3

Saat ini pengembangan kelapa sawit sudah bergerak dari areal yang paling sesuai, lahan kelas 1 ke lahan yang kurang sesuai. Namun kabar baiknya, telah tersedia varietas unggul  yang memiliki produksi tinggi di lahan kelas 3.

PT. Aneka Sawit Lestari yang merupakan anak perusahaan dari Minamas Plantation telah merilis varietas D X P CALIX 600 dengan keunggulan produksi TBS dan minyak tinggi. Konon produksi TBS bisa mencapai 30,9 ton/ha/tahun dengan rendemen 24,10 % sehingga per ha bisa memproduksi CPO mencapai 8,2 – 8,5 ton/ha/tahun. Rerata tandan 18 tandan dengan bobot tandan sebesar 12 kg. Dengan kecepatan meninggi 55,86 cm/tahun.

Menariknya angka produksi tersebut diraih pada lahan kelas 3 di Kecamatan Merau, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Sehingga ini menjadi menjadi kabar baik bagi pekebun yang ingin melakukan pengembangan di wilayah baru yang lahannya tidak seideal di Sumatera.

Namun keunggulan lain dari D x P CALIX bersumber dari sistem produksi dan quality control yang diterapkan di Minamas Plantation yang merupakan anak perusahaan Sime Darby Plantation. Konon, bahan tanam dari perusahaan besar dari negara jiran tersebut terkenal karena keseragamannya dan hasil minyaknya yang tinggi.

Dari hasil progeny test, indikator produktivitas minyak, D x P CALIX 600 lebih baik daripada varietas miliki Sime Darby yang sudah relatif  dikenal yakni  D X P Golden Hope 500.  Dari hasil penelitian di Malaysia, D x P CALIX mampu mencapai produksi minyak 9,4 Ton/ha atau lebih tinggi 1,4 ton/ha dari D X P GH500 sehingga memberikan keuntungan lebih besar bagi perusahaan.

Terkait potensi produksi varietas unggul Minamas Plantation, melalui anak perusahaan PT. Aneka Sawit Lestari, mampu menyediakan hingga 3,2 juta. Diharapkan selain memenuhi kebutuhan internal dapat juga mendukung kebutuhan replanting untuk plasma maupun perusahaan inti.