Benih Perkebunan

D x P AA RI SK1, Benih Unggul Sawit Minyak Tinggi

Kabar baik bagi pekebun Indonesia. Saat ini pemerintah kembali melepas varietas unggul kelapa sawit yakni D X P AA RI SK 1.

Varietas ini memili keunggulan antara lain memiliki kadar minyak yang tinggi, yakni > 30%  dengan produksi minyak 49,9  - 58,6 kg/pohon. Hal yang menarik dari hasil pengujian di lapangan menunjukan varietas ini  dapat mencapi rata-rata produktivitas TBS per ha (TM 1 - TM 4) hingga 25,4 ton/ha/tahun dan CPO 8 ton/ha/tahun dalam kondisi musim kering akut.

Varietas ini mulai berbuah pada umur 18 bulan, namun umur panen ideal adalah 30 sd 36 bulan. Dengan pertumbuhan meninggi hanya 32 cm per tahun.  

D x P AA RI SK1 merupakan semiklonal dimana Dura dihasilkan dari hasil kultur jaringan. Hasilnya keragamaan fisik tanaman lebih seragam dibandingkan benih bukan semi klonal. Varietas ini bisa ditanam hingga kepadatan 148 batang per ha.

Varietas ini diproduksi oleh PT Applied Agricultural Resources Indonesia yang berlokasi di Riau. Sumber benih kelapa sawit ini mulai memproduksi bahan tanam unggul ini pada semester kedua di tahun 2018 hingga 1,5 juta dan secara bertahap meningkat hingga 5 juta kecambah..

Kehadiran bahan tanam unggul ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan bahan tanam  di dalam negeri. Apalagi mengingat tahun tahun 2018 ini pemerintah menargetkan replanting seluas 185.000 ha.