Benih Perkebunan

Pasar Benih Indonesia

Pasar Benih Indonesia

Menyediakan informasi soal benih

Informasi benih komoditas

Informasi benih komoditas

Terkait sawit, kakao, karet, kopi, rempah dsb

Penjualan Benih

Penjualan Benih

Kami memberikan informasi produsen benih terpercaya

Kegiatan lainnya

Kegiatan lainnya

Pelatihan, seminar dan konsultasi perbenihan

Previous Next
Pasar Benih Indonesia Pasar Benih Indonesia
Informasi benih komoditas Informasi benih komoditas
Penjualan Benih Penjualan Benih
Kegiatan lainnya Kegiatan lainnya

Komunitas Perkebunan Siap Mendukung Menteri Pertanian baru

https://i1.wp.com/pomidor.id/wp-content/uploads/2018/12/262-Tanaman-Kakao.jpg?zoom=2.625&resize=372%2C209

Kehadiran, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian baru pada periode kedua kabinet Jokowi ternyata mendapatkan sambutan positif dari komunitas perkebunan. Ada harapan besar dari mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu untuk membawa sub sector perkebunan agar lebih baik ke depan.

Ketua Umum Perkumpulan Penangkar Benih Tanaman Perkebunan Indonesia (PPBTPI), Badaruddin Sabang Puang, menyambut baik kehadiran pimpinan baru di Kementerian Pertanian. Ia optimis jika perkebunan di tangan Yasin Limpo akan lebih baik. Asosiasi penangkar perkebunan yang telah memiliki kepengurusan di 21 Provinsi tersebut menyatakan siap mendukung kepemimpinan Menteri Pertanian di  pada Kabinet Indonesia Maju tersebut.

“Menteri Pertanian saat memiliki kedekatan dengan sub sektor perkebunan. Kami bisa melihat dari jejak prestasinya dalam membangun perkebunan Sulawesi Selatan. Tentu kami berharap bahwa pada masa kepemimpinannya perkebunan mendapatkan perhatian yang serius mengingat perkebunan adalah sub sektor memiliki kontribusi penting bagi perekonomi buat Indonesia. Saat ini banyak kebun milik masyarakat yang sudah melewati umur produktif sehingga perlu diremajakan, tanpa ada perhatian dari perintah produktivitas perkebunan rakyat akan cenderung menurun”, jelas Badaruddin.

Ketua Umum PPBTPI  itu juga mengharapkan pemerintah mendorong peningkatan mutu benih dan penguatan  penangkar perkebunan melalui kebijakan penerapan Sistem Manajemen Mutu Benih, proses pengadaan benih yang transparan serta adanya dukungan penguatan kapasitas penangkar.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Masyarakat Kakao Indonesia, Alosyius Danu. Asosiasi pelaku kakao yang fokus pada pengembangan cluster kakao siap mendukung kebijakan Menteri Pertanian yang baru, apalagi mengingat Syahrul Yasin Limpo sangat dekat dengan pelaku kakao yang merupakan menjadi tokoh dibalik sejumlah program nasional pengembangan kakao.

“Kami mengharapkan pemerintah memberikan perhatian kepada perkebunan kakao rakyat, mengingat saat ini produksi nasional cenderung. Namun kami berharap agar pola pengembangan kakao ke depan berbasis pengembangan korporasi petani”, jelas Danu.

Sementara ketua Ketua Umum Aspek-PIR Indonesia, Setiono, menyambut kehadiran Syahrul Yasin Limpo sebagai pemimpin di Kementerian Pertanian dan menyatakan siap mendukung kebijakan Menteri Pertanian tersebut. Ia berharap agar pemerintah memberikan perhatian kepada petani rakyat. Untuk program Peremajaan Sawit Rakyat ia berharap agar Kementerian Pertanian mengambil peran sentral agar pelaksanaan program tersebut lebih cepat dan efisien.

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, selaku pemimpin daerah, mengaku menyambut baik kehadiran pimpinan baru di Kementerian Pertanian. Ia berharap Menteri Pertanian yang baru akan lebih menekankan koordinasi dengan pimpinan daerah dalam menyukseskan program pertanian khususnya perkebunan. Ia juga berharap agar ada perhatian lebih Kementan terhadap perkebunan mengingat kontribusi sub sektor tersebut terhadap pembangunan wilayah sangat signifikan. Sementara itu Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, menyatakan siap mendukung kepemimpinan Yasin Limpo, apalagi sebagai mantan kepala daerah jelas lebih memahami masalah di lapangan.

“Kami berharap Menteri Pertanian akan memberikan perhatian pada pengembangan komoditas berorientasi ekspor, seperti misalnya kopi. Selain memberikan bantuan fisik, program ke depan juga menekapkan pada pentingnya penguatan kelembagaan dan pengembangan akses pasar”, kata Shabela.

Demikian harapan besar dari para pelaku perkebunan yang ingi perkebunan Indonesia menjadi berkembang lebih baik di bawah kepemimpinan  Syahrul Yasin Limpo.

Benih Unggul

Varietas Unggul Tebu

Varietas bina adalah varietas yang secara resmi telah disahkan oleh pemerintah, dalam hal ini Menteri [ ... ]

Read more...
Varietas Sawit Unggul PT SAIN

Bagi Indonesia minyak kepala sawit merupakan komoditas penting. Komoditi ini mampu menghasilkan [ ... ]

Read more...
Sawit Unggul DxP PPKS 718

DxP PPKS 718 adalah salah satu varietas unggul milik Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan. Salah [ ... ]

Read more...

206841
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
215
356
2804
199926
6496
16366
206841

Your IP: 35.175.180.108
2019-11-15 12:25