Benih Perkebunan

Pasar Benih Indonesia

Pasar Benih Indonesia

Menyediakan informasi soal benih

Informasi benih komoditas

Informasi benih komoditas

Terkait sawit, kakao, karet, kopi, rempah dsb

Penjualan Benih

Penjualan Benih

Kami memberikan informasi produsen benih terpercaya

Kegiatan lainnya

Kegiatan lainnya

Pelatihan, seminar dan konsultasi perbenihan

Previous Next
Pasar Benih Indonesia Pasar Benih Indonesia
Informasi benih komoditas Informasi benih komoditas
Penjualan Benih Penjualan Benih
Kegiatan lainnya Kegiatan lainnya

Strategi Membangun Pertanian Tanpa APBN

https://asset.kompas.com/crop/0x61:1349x960/750x500/data/photo/2019/07/04/1594838468.jpg

Seiring dengan pergantian rezim antar waktu, pengembangan pertanian semakin bergantung pada APBN, yang tiap tahun mendapatkan tekanan. Tahun ini tercatat defisit perdagangan Indonesia mengalami defisit tertinggi sepanjang sejarah. Bank Indonesia (BI) mencatat Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) di kuartal II 2019 mengalami defisit sebesar USD 2 miliar. Sudah seharusnya pemerintah melakukan langkah-langkah strategis membangun sistem yang mendorong pengembangan pertanian secara berkelanjutan.

Menurut Mindo Sianipar, pengamat pertanian yang juga anggota DPR RI Komisi IV, pengembangan pertanian harus melibatkan adanya 3 komponen, petani, swasta/BUMN dan pemerintah. Petani sebagai pihak yang melakukan pengembangan usaha tani, swasta yang melakukan penyediaan sarana, pengolahan maupun pemasaran, sementara pemerintah yang bertugas membuat regulasi dan regulasi.

Dalam banyak situasi pemerintah seringkali mengambil alih fungsi petani atau dunia usaha. Atau kadang pemerintah hanya fokus pada petani atau swasta saja sehingga kebijakan tidak mengindahkan keberadaan komponen lain. Ketiga komponen ini harus menjalankan fungsinya masing dan harus bersinergi melalui sistem yang dibangun oleh pemerintah.

“Petani membutuhkan benih, bimbingan teknis dan jaminan pasar dengan harga yang menarik. Jelas ini membutuhkan dana. Nah, sesungguhnya pemerintah secara strategis bisa membuat kebijakan yang memungkinkan kutipan dana sehingga pembiayaan pengembangan pertanian dimungkinkan tanpa harus bergantung pada APBN atau APBN. Dana ini dapat disisihkan dari keuntungan swasta/BUMN melalui kebijakan dapat ditarik untuk digunakan bagi pengembangan usaha tani. Misalnya melalui kutipan dari hasil keuntungan dari impor atau ekspor petanian, penjualan benih, sarana, perdagangan domestik. Lalu dana ini disalurkan dengan mekanisme yang transparan”, jelas politis PDIP tersebut.

Tentu pemerintah tidak bisa semena-mena melakukan kutipan tanpa menciptakan kondisi usaha yang kondusif dan memberikan keuntungan yang bagi dunia usaha. Pemerintah dalam hal ini wajib memberikan insentif berupa kelonggaran pajak, suku bunga Bank yang lebih ringan serta berbagai regulasi yang memberikan insentif bagi swasta. Sehingga berkontribusi pada penguatan daya saing yang berkontribusi pada peningkatan keuntungan perusahaan sehingga dapat disisihkan untuk pembiayaan pengembangan pertanian.

Pemerintah, tambah Mindo,  juga dapat mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan perusahaan bermitra dengan petani, sehingga pembinaan terhadap petani dapat berlangsung secara berkelanjutan. Lalu peran pemerintah melalui APBN fokus pada hal-hal yang tidak mungkin disediakan oleh dunia usaha seperti jaminan keamanan, perbaikan infrastruktur, pengembagnan irigasi, penguatan kelembagaan serta peningkatkan kapasitas SDM petani. Melalui pengembangan sistem maka pengembangan pertanian tidak lagi bergantung sepenuhnya pada APBN.

Benih Unggul

Varietas Unggul Tebu

Varietas bina adalah varietas yang secara resmi telah disahkan oleh pemerintah, dalam hal ini Menteri [ ... ]

Read more...
Varietas Sawit Unggul PT SAIN

Bagi Indonesia minyak kepala sawit merupakan komoditas penting. Komoditi ini mampu menghasilkan [ ... ]

Read more...
Sawit Unggul DxP PPKS 718

DxP PPKS 718 adalah salah satu varietas unggul milik Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan. Salah [ ... ]

Read more...

176735
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
373
383
756
171859
6540
9680
176735

Your IP: 3.93.75.30
2019-09-16 14:28